Alexa

Link Teman

Daftar isi

recent post berjalan

Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Fasilitas Pengunjung

JAM

Jumat, 13 Januari 2012

KOMPUTER DENGAN SPESIFIKASI YANG SESUAI DENGAN JENIS USAHA

Spesifikasi Komputer

Teknologi komputer terus berkembang dengan sangat cepat.Sehingga rasanya tidak mungkin kita untuk mengikuti dan memiliki setiap perkembangan yang terjadi karena teknologi cepat baru dan cepat usang.
Secara garis besar spesifikasi komputer dibagi menjadi 2 macam, yaitu: komputer personal/persona/ computer (PC) dan komputer server. PC merupakan komputer yang digunakan untuk keperluan pribadi. Terdapat 2 macam kategori PC, yaitu desktop dan laptop/notebook. Sesuai dengan namanya, desktop merupakan komputer yang diletakkan di atas meja sedangkan laptop merupakan komputer jinjing yang mudah untuk dibawa-bawa. Sedangkan komputer server merupakan komputer yang digunakan sebagai pusat dari lalu lintas jaringan komputer (LAN, intranet dan Internet). Komputer server memiliki spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan jaringan.
Dalam memilih dan membeli komputer diperlukan kebijakan, yaitu pertimbangan kegunaan atau alasan fungsi dari komputer yang akan dibeli. Berikut beberapa penggolongan spesifikasi komputer:
Spesifikasi rendah
Spesifikasi ini cocok digunakan untuk pelajar atau pemula yang sedang belajar komputer, juga jika komputer hanya digunakan untuk mendukung pekerjaan ringan, seperti mengetik/membuat dokumen sederhana dan membuat dokumen hitungan. Spesifikasi ini juga sudah dapat digunakan untuk mendengarkan lagu, memutar video, dan bermain internet.
Guna mendukung kegiatan belajar disekolah/kampus seringkali diperlukan komputer, baik hanya untuk membuat laporan, hingga beberapa tugas yang termasuk multimedia. Komputer dengan spesifikasi standar sudah cukup memenuhi kebutuhan ini.
Dengan mempertimbangkan pilihan motherboard, komputer dengan spesifikasi standar dapat dengan mudah ditingkatkan kemampuannya (upgrade) menjadi komputer berspesifikasi tinggi. Meningkatkan kemampuan komputer dapat meliputi:
Tukar tambah prosessor.
Contoh: dari Intel Dual Core menjadi Core 2 Duo/Core 2 Quad, dari AMD Sempron/Athlon 64 X2 menjadi Athlon 64 FX/AMD Phenom Dukungan prosessor tergantung dari kemampuan motherboard.
Menambah jumlah RAM.
Contoh: dari RAM 1 GB menjadi RAM 2 GB/4 GB tergantung dari kemampuan motherboard.
Memasang VGA card tersendiri.
Contoh: semula menggunakan fasilitas VGA onboard kemudian dipasang VGA card tersendiri seperti: PCI Express Nvidia GeForce 7300GT 256MB, PCI Express Nvidia GeForce 9600GT 512MB DDR3, ATI GECUBE X1550 PRO 256MB, dan sebagainya tergantung dari kemampuan motherboard.
Menambah jumlah harddisk atau tukar tambah harddisk dengan yang berkapasitas lebih besar.
Mengganti power supply dengan yang berkemampuan lebih kuat. Misal: dari Simbadda 400 watt menjadi Enlight 650 Watt. Penggantian power supply menjadi hal yang penting apabila: menggunakan VGA card yang memerlukan daya lebih, menambah jumlah harddisk/optical drive dan menambah peripheral lain seperti TV card, Firewire card, LAN card, Modem internal, dan sebagainya.
Spesifikasi menengah
Biasanya digunakan untuk aplikasi komputer perkantoran seperti Ms. Office (Word, Excel, PowerPoint, Access, Outlook). Komputer dengan spesifikasi standar kantoran sudah cukup memenuhi kebutuhan ini.
Spesifikasi tinggi
Untuk keperluan usaha/bisnis diperlukan komputer dengan spesifikasi yang sesuai dengan jenis usaha yang dilakukan. Beberapa jenis usaha seperti: warnet, rental komputer, retail, dan sebagainya cukup menggunakan komputer dengan spesifikasi standar. Jenis usaha seperti: Game Net, advertising memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Sedangkan pada jenis usaha seperti PH (production house) film dan animasi diperlukan beberapa unit komputer untuk proses render dengan spesifikasi khusus. Komputer dengan spesifikasi khusus juga digunakan untuk usaha penyedia layanan server internet (web server, mail server, database server). Sebagai alat multimedia komputer dapat digunakan untuk media hiburan. Hiburan seperti TV, film, musik, permainan (game) kecil cukup memerlukan komputer dengan spesifikasi standar. Beberapa jenis permainan 3 dimensi (3D games) memerlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar